Nama : Alfian
Pauzi
NIM : E1B017004
Email : alfianpauzi17@gmail.com
Blog : pauzialfian.blogspot.com
No.Hp :
085338676474
TUGAS 2, kamis
22 maret 2018
A. PENGERTIAN
Psikologi perkembangan merupakan
cabang psikologi yang mempelajari perubahan tingkah laku dan kemampuan
sepanjang proses perkembangan individu dari mulai masa konsepsi sampai mati.
Konsep
Perkembangan
Pertumbuhan
(growth)· Perubahan yang
bersifat kuantitatif baik perubahan secara alamiah maupun hasil belajar
Kematangan (maturation)· Perubahan kualitatif fungsi
psiko-fisik organisme dari tidak siap menjadi siap melakukan fungsinya.
Perubahannya alamiah dan hasil belajar
Belajar (learning)· Perubahan perilaku sebagai
akibat pengalaman, disengaja, bertujuan/terarah, baik secara kualitatif maupun
kuantitatif
Latihan (exercise)· Perubahan perilaku yang lebih
bersifat mekanistis dan lebih banyak menyentuh aspek psikomotor organisme
sebagai akibat pengalaman, disengaja, bertujuan/terarah, baik secara kualitatif
maupun kuantitatif
B. PRINSIP
1. Perkembangan
berlangsung seumur hidup dan meliputi semua aspek. Perkembangan bukan hanya
berkenaan dengan aspek-aspek tertentu tetapi menyangkut semua aspek.
2. Setiap anak memiliki
kecepatan (tempo) dan kualitas perkembangan yang berbeda.
3. Perkembangan secara
relatif beraturan, mengikuti pola-pola tertentu. Perkembangan sesuatu segi
didahului atau mendahului segi yang lainnya.
4. Perkembangan
berlangsung secara berangsur-angsur sedikit demi sedikit.
5. Perkembangan
berlangsung dari kemampuan yang bersifat umum menuju ke yang lebih khusus,
mengikuti proses diferensiasi dan integrasi.
7. Sampai batas-batas
tertentu, perkembangan sesuatu aspek dapat dipercepat atau diperlambat.
Perkembangan dipengaruhi oleh faktor pembawaan dan juga faktor lingkungan.
9. Pada saat-saat
tertentu dan dalam bidang-bidang tertentu perkembangan pria berbeda dengan
wanita.
C. PENDEKATAN
1. Pendekatan Kontekstual
Pendekatan konstekstual berlatar belakang bahwa siswa
belajar lebih bermakna dengan melalui kegiatan mengalami sendiri dalam
lingkungan alamiah, tidak hanya sekedar mengetahui, mengingat, dan memahami.
Pembelajaran tidak hanya berorientasi target penguasaan materi, yang akan gagal
dalam membekali siswa untuk memecahkan masalah dalam kehidupannya. Dengan
demikian proses pembelajaran lebih diutamakan daripada hasil belajar, sehingga
guru dituntut untuk merencanakan strategi pembelajaran yang variatif dengan
prinsip membelajarkan – memberdayakan siswa, bukan mengajar
2. Pendekatan Konstruktivisme
Kontruktivisme merupakan landasan berfikir pendekatan
kontekstual. Yaitu bahwa pendekatan dibangun oleh manusia sedikit demi sedikit
yang hasilnya diperluas melalui konteks yang terbatas dan tidak dengan
tiba-tiba.
3. Pendekatan Deduktif
Pendekatan
deduktif ditandai dengan pemaparan konsep, definisi dan istilah-istilah pada
bagian awal pembelajaran. Pendekatan deduktif dilandasi oleh suatu pemikiran
bahwa proses pembelajaran akan berlangsung dengan baik bila siswa telah
mengetahui wilayah persoalannya dan konsep dasarnya(Suwarna,2005).
4. Pendekatan Induktif
Ciri uatama
pendekatan induktif dalam pengolahan informasi adalah menggunakan data untuk
membangun konsep atau untuk memperoleh pengertian. Data yang digunakan mungkin
merupakan data primer atau dapat pula berupa kasus-kasus nyata yang terjadi
dilingkungan.
D. TAHAPAN
(1) Prenatal: saat konsepsi sampai lahir; (2) Masa
neonatus : lahir sampai akhir minggu kedua
setelah lahir; (3) Masa bayi: akhir minggu kedua sampai akhir tahun kedua; (4)
Masa kanak-kanak: Dua tahun sampai enam tahun; (5) Masa kanak-kanak
akhir : Enam tahun sampai sepuluh atau sebelas tahun;
(6) Pubertas/preadolescence: Sepuluh tahun atau duabelas tahun sampai tiga
belas atau empat belas tahun; (7) Masa remaja awal: Tiga belas atau empat belas
tahun sampai tujuh belas tahun; (8) Masa remaja akhir: Tujuh belas tahun sampi
duapuluh satu tahun; (9) Masa dewasa awal: Duapuluh satu tahun sampai empat
puluh tahun; (10) Masa setengah baya: Empat puluh sampai enampuluh tahun; dan
(11) Masa tua: Enam puluh tahun sampai meninggal dunia.
Comments
Post a Comment