Nama : Alfian Pauzi
NIM : E1B017004
Blog : pauzialfian.blogspot.com
No.Hp : 085338676474
TUGAS 2, kamis 22 maret 2018
A. PENGERTIAN
Psikologi perkembangan merupakan cabang psikologi yang mempelajari perubahan tingkah laku dan kemampuan sepanjang proses perkembangan individu dari mulai masa konsepsi sampai mati.
Konsep Perkembangan  
Pertumbuhan (growth)· Perubahan yang bersifat kuantitatif baik perubahan secara alamiah maupun hasil belajar
 Kematangan (maturation)· Perubahan kualitatif fungsi psiko-fisik organisme dari tidak siap menjadi siap melakukan fungsinya. Perubahannya alamiah dan hasil belajar
 Belajar (learning)· Perubahan perilaku sebagai akibat pengalaman, disengaja, bertujuan/terarah, baik secara kualitatif maupun kuantitatif
 Latihan (exercise)· Perubahan perilaku yang lebih bersifat mekanistis dan lebih banyak menyentuh aspek psikomotor organisme sebagai akibat pengalaman, disengaja, bertujuan/terarah, baik secara kualitatif maupun kuantitatif
B. PRINSIP
1. Perkembangan berlangsung seumur hidup dan meliputi semua aspek. Perkembangan bukan hanya berkenaan dengan aspek-aspek tertentu tetapi menyangkut semua aspek. 
2. Setiap anak memiliki kecepatan (tempo) dan kualitas perkembangan yang berbeda. 
3. Perkembangan secara relatif beraturan, mengikuti pola-pola tertentu. Perkembangan sesuatu segi didahului atau mendahului segi yang lainnya.
4. Perkembangan berlangsung secara berangsur-angsur sedikit demi sedikit.
5. Perkembangan berlangsung dari kemampuan yang bersifat umum menuju ke yang lebih khusus, mengikuti proses diferensiasi dan integrasi.
7. Sampai batas-batas tertentu, perkembangan sesuatu aspek dapat dipercepat atau diperlambat. Perkembangan dipengaruhi oleh faktor pembawaan dan juga faktor lingkungan.
9. Pada saat-saat tertentu dan dalam bidang-bidang tertentu perkembangan pria berbeda dengan wanita.
C. PENDEKATAN
1.      Pendekatan Kontekstual
Pendekatan konstekstual berlatar belakang bahwa siswa belajar lebih bermakna dengan melalui kegiatan mengalami sendiri dalam lingkungan alamiah, tidak hanya sekedar mengetahui, mengingat, dan memahami. Pembelajaran tidak hanya berorientasi target penguasaan materi, yang akan gagal dalam membekali siswa untuk memecahkan masalah dalam kehidupannya. Dengan demikian proses pembelajaran lebih diutamakan daripada hasil belajar, sehingga guru dituntut untuk merencanakan strategi pembelajaran yang variatif dengan prinsip membelajarkan – memberdayakan siswa, bukan mengajar 
2.      Pendekatan Konstruktivisme
Kontruktivisme merupakan landasan berfikir pendekatan kontekstual. Yaitu bahwa pendekatan dibangun oleh manusia sedikit demi sedikit yang hasilnya diperluas melalui konteks yang terbatas dan tidak dengan tiba-tiba.
3.      Pendekatan Deduktif
Pendekatan deduktif ditandai dengan pemaparan konsep, definisi dan istilah-istilah pada bagian awal pembelajaran. Pendekatan deduktif dilandasi oleh suatu pemikiran bahwa proses pembelajaran akan berlangsung dengan baik bila siswa telah mengetahui wilayah persoalannya dan konsep dasarnya(Suwarna,2005).
4.      Pendekatan Induktif
Ciri uatama pendekatan induktif dalam pengolahan informasi adalah menggunakan data untuk membangun konsep atau untuk memperoleh pengertian. Data yang digunakan mungkin merupakan data primer atau dapat pula berupa kasus-kasus nyata yang terjadi dilingkungan.
D. TAHAPAN
(1) Prenatal: saat konsepsi sampai lahir; (2) Masa neonatus      : lahir sampai akhir minggu kedua setelah lahir; (3) Masa bayi: akhir minggu kedua sampai akhir tahun kedua; (4) Masa kanak-kanak: Dua tahun sampai enam tahun; (5) Masa kanak-kanak akhir     : Enam tahun sampai sepuluh atau sebelas tahun; (6) Pubertas/preadolescence: Sepuluh tahun atau duabelas tahun sampai tiga belas atau empat belas tahun; (7) Masa remaja awal: Tiga belas atau empat belas tahun sampai tujuh belas tahun; (8) Masa remaja akhir: Tujuh belas tahun sampi duapuluh satu tahun; (9) Masa dewasa awal: Duapuluh satu tahun sampai empat puluh tahun; (10) Masa setengah baya: Empat puluh sampai enampuluh tahun; dan (11) Masa tua: Enam puluh tahun sampai meninggal dunia.




Comments

Popular posts from this blog

KONSEP DAN TUGAS PERKEMBANGAN BERDASARKAN TAHAPAN PERKEMBANGAN PESERTA DIDIK DISATUAN PENDIDIKAN MENENGAH